Saturday, November 5, 2011

mata kuliah dasar-dasar pendidikan

Potensi pendidikan terkait dengan aspek-aspek kehidupan, pendidikan penting karena karena menyediakan wahana yang telah teruji untuk implementasi nilai-nilai masyarakat yang berubah dan hasrat masyarakat yang muncul yang menimbulkan nilai-nilai baru. Seperti kaca merefleksikan masyarakat, pendidikan tidak menciptakan hari esok tetapi dapat mencerminkan kebudayaan yang berubah dan menyiapkan anak-anak untuk berperan serta secara lebih efektif dalam usaha terus-menerus untuk mendapat jalan hidup yang lebih baik.
Pendek kata, pendidikan secara potensial penting karena: (1)  pendidikan adalah satu cara yang mapan untuk memperkenalkan sipelajar (Learners) pada keputusan sosial yang timbul; (2) pendidikan dapat dipakai untuk menanggulangi masalah tertentu; (3) pendidikan telah memperlihatkan kemampuan yang meningkat untuk menerima dan mengimplementasikan alternatif-alternatif baru; (4) pendidikan  barangkali merupakan cara terbaik yang dapat ditempuh masyarakat untuk membimbing perkembangan pada setiap anak dan karena itu dia terdorong untuk memberikan kontribusi pada kebudayaan hari esok.
Sebagaimana termaktub dalam  Garis-garis Besar Haluan Negara yang materinya meliputi Pembangunan Nasional, Pembangunan Jangka Panjang Kedua, Pembangunan Lima Tahun Keenam, dapat diketahui bahwasannya pembangunan nasional negara Indonesia merupakan rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan nasional. Yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
            Maka dengan demikian pembangunan memiliki arti yang luas yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya, dan aspek pertahanan keamanan bahkan seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dari pengertian tersebut pentingnya pembangunan bagi pendidikan tidak dapat dipungkiri lagi, secara terbalik dapat dikatakan bahwa pendidikan memiliki arti penting bagi pembangunan. Oleh karena itu upaya pembangunan pendidikan masih perlu terus dilanjutkan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga menghasilkan manusia pembangunan yang berkualitas.
            Pembangunan dalam arti yang lebih luas dan umum adalah dunia yang kita tinggali bersama. Dalam perkembangannya umat kita telah mencapai enam puncak prestasi (watershed) yang bersejarah dan hampir sampai pada pencapaian ketujuh. Kita patut bangga dalam hal ini, akan tetapi permasalahan-permasalahan manusia tidak berkurang sama sekali bahkan seperti semakin bertambah.

SARAN-SARAN

  1. Banyak masalah-masalah yang terkait dengan pembangunan dapat diatasi dengan mendidik masyarakat agar mampu menghadapi dan menanggulangi masalah tersebut. Akan tetapi pendidikan terkait dengan lingkungan sepertinya perlu untuk terus diakan perkembangan baru menuju arah yang lebih baik.
  2. jika mungkin kita dapat mengetahui dimana kita berada, kemana kita akan pergi, maka kita mungkin dapat menimbang dengan lebih baik apa yang harus dikerjakan dan bagai mana mengerjakannya.
  3. jika kita menganggap kesenangan material kita adalah suatu kebutuhan hidup yang sangat diperlukan, maka kita akan mempertaruhkan dunia ini sampai pada titik dimana anak-anak kita tidak dapat lagi menyelamatkannya. mungkin ini adalah cara untuk menambah kekuatan kita dalam menciptakan hari esok yang lebih baik

No comments:

Post a Comment